WordPress Indonesia

Tentang WordPress

Tabea Tamang…

WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus kepada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain tak ternilai harganya.

Pendek kata, WordPress ialah yang Anda perlukan ketika ingin bekerja dengan sebuah blog.

Localized version screenshot

Unduh

Rilis stabil WordPress yang terakhir (Versi 2.7.1) tersedia dalam format zip dari taut di sebelah kanan Anda. Anda juga dapat mencari format lain atau versi yang lebih lama. Jika Anda ingin mencoba versi tak stabil, kunjungi halaman Rilis beta dan RC.

Di bawah ini Anda dapat menemukan catatan dan instruksi instalasi.

Unduh WordPress 2.7.1
.zip — 2.0 MB
Unduh .tar.gz — 1.7 MB

Opsi pengunduhan selengkapnya

Sumber Daya

Untuk bantuan mengenai menginstal atau menggunakan WordPress, kunjungi dokumentasi dalam bahasa Anda.

Instalasi

Berikut versi cepat petunjuk instalasi WordPress.

  1. Unduh dan unzip (ekstrak) paket WordPress, jika Anda belum melakukannya.
  2. Ciptakan basis data untuk WordPress di server web Anda berikut pengguna MySQL yang memiliki hak mengakses dan melakukan perubahan ke basis data tersebut.
  3. Ubah nama berkas wp-config-sample.php menjadi wp-config.php.
  4. Buka wp-config.php menggunakan penyunting teks kesukaan Anda dan isi rincian basis data Anda.
  5. Letakkan berkas WordPress dalam lokasi yang diinginkan di server web Anda:
    • Jika Anda ingin mengintegrasikan WordPress ke dalam akar ranah (domain) Anda (contoh: http://example.com/), pindahkan atau unggahlah seluruh konten direktori WordPress (tidak termasuk folder itu sendiri) ke dalam direktori server web Anda.
    • Jika Anda ingin memiliki instalasi WordPress dalam subdirektori dalam situs web Anda (contoh: http://example.com/blog/), ubah nama direktori wordpress menjadi nama yang ingin Anda berikan ke subdirektori tersebut dan pindahkan atau unggah ke server web Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin instalasi WordPress di dalam subdirektori bernama “blog”, Anda harus menamai direktori bernama “wordpress” menjadi “blog” dan mengunggahnya ke direktori akar server web Anda.
  6. Jalankan skrip instalasi dengan mengakses wp-admin/install.php menggunakan perambah kesukaan Anda.

Blog

Pelokalan WordPress MU – 24 April 2009

Bagi Anda yang menjalankan situs berbasis WordPress MU menggunakan Bahasa Indonesia namun tidak memiliki waktu untuk menerjemahkan seluruh string Bahasa Inggris di dalamnya ke dalam Bahasa Indonesia, kini berkas pelokalan Bahasa Indonesia tersedia untuk Anda. Silakan checkout atau unduh langsung dari repositori Bahasa Indonesia WordPress di http://svn.automattic.com/wordpress-i18n/id_ID/mu/
Pelokalan ini ke depannya akan terus dikelola, dan penerjemahannya […]

WordPress 2.7.1 – 13 Februari 2009

WordPress 2.7.1, rilis perbaikan cabang 2.7 yang pertama sudah dirilis 3 hari yang lalu. Dan sekarang versi Bahasa Indonesianya sudah tersedia. Ada 2.7.1 perbaikan, 68 tiket. Anda dapat memutakhirkan secara otomatis dari 2.7 ke 2.7.1 lewat menu Perkakas-> Pemutakhiran, atau Anda dapat mengunduh paketnya dan memutakhirkannya secara manual.
Lihat senarai perbaikan dan set perubahan penuh antara 2.7 dan 2.7.1 untuk […]

WordPress 2.7 “Coltrane” – 11 Desember 2008

Hal pertama yang akan Anda perhatikan di versi 2.7 ialah antarmuka barunya. Kami telah mendengar umpan balik Anda dan benar-benar memikirkan secara mendalam mengenai desain, dan hasilnya ialah WordPress yang lebih cepat. Hampir setiap tindakan yang Anda lakukan di blog membutuhkan jumlah klik yang lebih sedikit dan lebih cepat di 2.7 daripada di versi sebelumnya. […]

WordPress 2.6.5 – 28 Nopember 2008

WordPress 2.6.5 tersedia dan memperbaiki satu masalah keamanan dan tiga bug. Kami menyarankan setiap orang untuk memutakhirkan ke rilis ini.
Isu keamanan tersebut ialah eksploitasi XSS yang ditemukan oleh Jeremias Reith yang untungnya hanya mempengaruhi server virtual berbasis IP (IP-based virtual server) yang berjalan di Apache 2.x. Jika Anda hanya ingin perbaikan keamanannya, salin wp-includes/feed.php dan […]

WordPress 2.6.3 – 25 Oktober 2008

Sebuah kerentanan di pustaka Snoopy kemarin diumumkan. WordPress menggunakan Snoopy untuk mengambil umpan yang ditampilkan di Dasbor. Walaupun ini sepertinya kerentanan dengan risiko rendah bagi pengguna WordPress, kami ingin pemutakhiran yang baru segera diterbitkan. Versi 2.6.3 sudah tersedia untuk diunduh kemarin. Dan kini versi Bahasa Indonesianya juga sudah bisa didapatkan di situs ini. Jika […]

Survei Opsi-Opsi Navigasi WordPress 2.7 – 16 September 2008

WordPress 2.7 saat ini sedang dalam pengembangan, dan seperti yang telah diketahui oleh sebagian orang, versi ini akan menampilkan perwajahan yang direvisi dengan kolom navigasi di sebelah kiri yang didesain dalam rangka menanggapi umpan balik pengguna mengenai penggunaan ruang layar. Karena navigasi tersebut langsung didatangkan dari purwarupa “Crazyhorse” yang dikembangkan secara cepat untuk uji coba […]

WordPress 2.6.2 – 9 September 2008

Stefan Esser baru-baru ini memberi peringatan kepada para pengembang akan bahaya SQL Column Truncation dan kelemahan mt_rand(). Dengan bantuannya kami berkutat dengan masalah ini dan sekarang merilis WordPress 2.6.2. Jika Anda membuka pendaftaran ke blog Anda, Anda wajib memutakhirkan WordPress Anda. Dengan fitur pendaftaran yang diaktifkan, di WordPress 2.6.1 dan sebelumnya dimungkinkan untuk mengakali sebuah nama […]

WordPress 2.6.1 – 17 Agustus 2008

Dengan versi 2.6.1, kami melanjutkan kebiasaan merilis versi perbaikan tidak lama setelah rilis utamanya dalam rangka memperbaiki bug “dot zero” yang tidak dapat dihindari dan menghadirkannya kepada Anda tanpa Anda perlu menunggu lama. Namun jika Anda puas dengan versi 2.6, teruslah gunakan itu. Anda tidak perlu memutakhirkan ke 2.6.1 jika 2.6 dapat bekerja dengan baik.
Versi […]

Direktori Tema – 15 Agustus 2008

Sudah cukup lama sejak themes.wordpress.net berhenti menerima tema-tema baru. Sejak saat itu kebanyakan pembuat tema hanya mendistribusikan temanya dari situs masing-masing, tanpa tempat yang baik dan terpusat di mana orang-orang dapat menjelajahi, mencari, mengomentari, dan memberi penilaian terhadap tema-tema tersebut. Dengan suksesnya direktori plugin, kami ingin manfaat yang sama terjadi pada tema direktori. Beberapa minggu […]

WordPress 2.6 – 15 Juli 2008

Saya senang sekali mengumumkan bahwa WordPress.org versi 2.6 saat ini telah tersedia, hampir sebulan di depan jadwal. Versi 2.6 “Tyner”, namanya diambil dari seorang pianis jazz McCoy Tyner, terdiri dari sejumlah fitur yang membuat WordPress menjadi sebuah CMS yang tangguh: Anda sekarang dapat melacak perubahan setiap tulisan dan halaman serta secara mudah mengirimkan tulisan dari […]

Arsip Blog

Rafans – Manado, 15 Juli 2009 (Referensi & Kutipan dari WordPress Indonesia),-

———————————————————————————————–

Langkah-Langkah Membuat Blog Di WordPress

Kunjungi www.wordpress.com

Klik Start your wordpress blog.

Pilih Username yang anda sukai.

Tuliskan alamat email anda. Email konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email anda untuk mengaktifkan blog, jadi pastikan anda menuliskan alamat email anda dengan benar. Jangan lupa memberi tanda pada I have read and agree to the fascinating terms of service setelah anda membacanya.

Pilih Gimme a blog!

Klik Next.

Di Blog Domain, ketikkan nama blog yang anda inginkan.

Tuliskan juga judul blog anda di Blog Title.

Klik Signup >>.

Buka email anda. WordPress mengirimkan email konfirmasi yang anda butuhkan untuk mengaktifkan blog anda. Bila belum ada, silakan tunggu dulu. Bila email sudah anda terima, ikuti link di email untuk mengaktifkan blog anda.

Setelah anda mengaktifkan blog anda, anda akan mendapatkan username dan password.

Gunakan password ini untuk login di halaman depan wordpress.com.

Klik Write a Post untuk memulai menulis! Jangan takut-takut. Anda selalu dapat menghapus posting anda kapan saja dan menggantinya dengan yang baru.

Selamat blogging !

Rafans – Manado, 15 Juli 2009 (Referensi & Kutipan dari Blog Indonesia),-

———————————————————————————————–


TENTANG BLOG

Blog merupakan singkatan dari “Weblog”, yakni suatu bentuk aplikasi Web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai Posting) pada sebuah halaman web umum.

Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs Web semacam ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna.

Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog .

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik sampai dengan program-program media surat kabar, iklan dan perusahaan-perusahaan.

Banyak juga Weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya dan dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun ada juga yang bersifat non-interaktif.

Situs-Situs Web yang saling berkaitan berkat Weblog, atau secara total merupakan kumpulan Weblog sering disebut sebagai Blogosphere.

Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi, dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam Blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai Blogstorm atau Badai Blog.

Rafans – Manado, 15 Juli 2009,- ( Referensi & Kutipan dari Wikipedia Bahasa Indonesia).

%d blogger menyukai ini: