Walikota Manado Dituntut 9 Tahun

Harian Pos Kota hari ini – Senin, 27 Juli 2009 memberitakan bahwa Walikota Manado Non Aktif – Jimmy Rimba Rogi dituntut sembilan tahun penjara karena diduga menyelewengkan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kota Manado, Sulawesi Utara, tahun 2006 dan 2007. Jaksa menuduh Jimmy Rimba Rogi membuat pertanggungjawaban fiktif.

Jimmy Rimba Rogi dikenakan hukuman denda uang sebesar Rp.300 juta subsider 6 bulan penjara.  Jaksa Anang Supriatna di Pengadilan Tindak Pidana Jakarta mengatakan, bahwa terdakwa telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Jimmy Rimba Rogi dituduh memperkaya diri sendiri dengan menggunakan anggaran daerah Kota Manado sejak tahun 2006-2007. Akibat perbuatan terdakwa negara dirugikan sebesar Rp.68,837 miliar.

Adapun uang pengganti, jaksa meminta Jimmy Rimba Rogi membayar senilai Rp.68,837 miliar. Jika tidak dibayarkan,  maka  Jimmy Rimba Rogi  harus menggantinya dengan hukuman badan selama empat tahun penjara.

Hal yang memberatkan,  adalah terdakwa melakukan upaya mempersulit penyidikan termasuk membuat laporan pertanggung  jawaban fiktif.

Jaksa juga menilai Jimmy telah menikmati hasil tindak pidananya tapi tidak mengakui dan menyesali perbuatannya.

Sepanjang 2006,  terdakwa telah mencairkan 53 cek dari pos dana APBD Kota Manado dengan cara memerintahkan Wenny Rolos  untuk mencairkan dana dan menampungnya pada rekening di Bank Pembangunan Daerah Manado (Bank Sulut) yang jumlahnya mencapai Rp.47,13 miliar.

Sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Manado (Persma) Jimmy Rimba Rogi  kembali memerintahkan Wenny Rolos untuk mencairkan dana pada pos belanja bagi hasil dan bantuan keuangan.

Selain itu terdakwa menerbitkan surat perintah pencairan dan membayar tanpa dilengkapi dengan dokumen sah dan dibuat atas nama staf bagian keuangan.

Mari… Kita sebagai masyarakat Kota Manado yang religius, agar mendoakan dan memberi dukungan agar Walikota Manado Non Aktif – Jimmy Rimba Rogi tegar dalam menghadapi tuntutan pengadilan serta tabah menjalani hukuman,-

Rafans – Manado, 27 Juli 2009,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: